Contoh Nama Domain yang Bagus dan 12+ Tips Memilihnya!

Contoh Nama Domain yang Bagus dan 12+ Tips Memilihnya!

Jika kamu sedang mencari inspirasi atau contoh nama domain yang bagus untuk calon website-mu, maka kamu sudah menemukan artikel yang tepat!

Setiap pembuatan website pasti selalu didahului dengan memilih nama domain. Ini tentunya tidak bisa sembarangan karena nama domain penting untuk keberlangsungan website-mu.

Di artikel ini, Dewaweb akan memberikan beberapa contoh nama domain yang unik yang bisa kamu jadikan referensi. Ada tips memilih nama domain juga, lho! Yuk simak!

Baca juga: Cara Mudah Membuat Website Pertamamu (Tanpa Koding!)

Contoh Nama Domain yang Bagus

Perlu kamu ingat bahwa memilih nama domain yang tepat adalah hal yang penting karena akan mempermudah pengguna di internet dalam mengakses server websitemu.

Nama domain juga berguna untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit atau biasa dikenal sebagai IP address.

Apalagi, nama domain nantinya akan menjadi identitas dan representasi websitemu di internet sehingga akan lebih baik jika kamu memastikan bahwa nama yang kamu pilih sesuai dengan tujuanmu membuat domain.

Berikut ini beberapa kumpulan contoh nama domain yang bagus dan unik yang bisa menjadi referensi:

1. Ruangguru.com

Begitu mendengar namanya langsung terbesit bahwa nama domain ini begitu bagus dan unik, bukan? Ruangguru.com adalah startup yang bergerak di bidang pendidikan non-formal yang menyediakan Learning Management System (LMS) agar siswa bisa belajar secara online.

contoh nama domain yang bagus - ruangguru

Nama website ini sangat menggambarkan tujuan dan spesialisasi mereka sehingga orang akan mudah mengidentifikasi produk apa yang ditawarkan.

Baca Juga: 10 Domain Name Generator untuk Mencari Nama Domain yang Sesuai

2. Abc.xyz

Alphabet yang merupakan perusahaan bagian dari Google memiliki nama domain yang unik, yakni abc.xyz.

contoh nama domain yang bagus - alphabet

Bukan tanpa alasan, nama domain abc.xyz ini merupakan penggabungan tiga alfabet awal dan akhir. Hal tersebut menjelaskan nama perusahaannya, yakni Alphabet.

Tak heran, website Alphabet ini dapat dikatakan memiliki nama website dan domain yang paling bagus dan unik.

Baca Juga: Domain .XYZ: Murah dan Sudah Terindeks Google!

3. Goodnewsfromindonesia.id

Walaupun agak lebih panjang, namun portal berita online Good News From Indonesia termasuk salah satu contoh nama domain yang unik.

contoh nama domain yang bagus - gnfi

Dari namanya saja tentu para pembaca sudah mengetahui jenis website dan apa yang mereka suguhkan kepada pembaca. Unik dan efektif, bukan?

Baca Juga: Mengetahui Kelebihan Domain ID Dibanding Domain Lain

4. Researchgate.net

Researchgate.net adalah situs web jejaring sosial gratis dan alat kolaborasi bagi para ilmuwan sains dari segala jenis disiplin sains.

contoh nama domain bisnis - researh gate

Sesuai dengan nama domain yang dimilikinya, Researchgate.net menjadi gerbang bagi akses riset yang ada di seluruh dunia.

Tidak hanya itu, nama domain ini juga sesuai dengan misi dari perusahaan untuk memberikan ruang kepada para peneliti agar lebih mudah menemukan dan memberikan laporan riset.

Baca Juga: Domain NET: Kredibel, Mudah Diingat, dan SEO Friendly

Tips Memilih Nama Domain yang Tepat untuk Website

Berikut ini adalah beberapa tips atau cara memilih nama domain yang tepat untuk calon websitemu:

1. Pilih domain kreatif dan brandable

Nama domain brandable adalah nama yang exceptional alias luar biasa. Jadi, tak hanya unik dan bagus, tapi nama domainmu harus exceptional. Kalau begitu, bagaimana cara mendapatkan nama yang brandable?

  • Buat kata baru: Kamu bisa membuat kata atau istilah baru yang terdengar catchy untuk menarik perhatian dan setidaknya harus mudah diingat. “Google” dan “Yahoo” adalah dua contoh nama domain atau brand dari kata baru.
  • Gunakan kata-kata yang sudah ada: Kamu bisa mencari kata-kata umum dan kamu bisa sedikit “membelokkan” kata tersebut. Misalnya brand minuman milik Gibran Rakabuming yang dinamai “Goola” berasal dari kata “gula” yang sekaligus menjadi bahan utama produknya.
  • Gunakan generator nama domain: Sekarang di internet sudah banyak generator yang bisa kamu gunakan untuk mencari nama domain hanya dengan memasukkan kata-kata yang menurutmu cocok untuk nama domainmu.

Baca Juga: 10 Domain Name Generator untuk Mencari Nama Domain yang Sesuai

2. Pastikan nama domain mudah diketik

Cara memilih nama domain selanjutnya adalah untuk memastikan bahwa nama domainmu mudah diketik. Meski harus mencari nama domain yang kreatif dan brandable, tapi pastikan pula nama tersebut tidak sulit diketik.

Tips memilih nama domain

Perhatikan penggunaan huruf yang diulang seperti huruf “l” dalam kata “syllable” mungkin terkadang bisa mempersulit orang ketika mengetiknya. Jadi, pastikan kamu menghindari penggunaan huruf berulang pada domainmu.

3. Pilih nama domain yang mudah diingat

Di dunia ini ada jutaan nama domain yang sudah terdaftar sehingga sangat penting kalau kamu memiliki nama domain yang menarik dan mudah diingat. Ketika membuat nama domain, pastikan ada nilai yang tersimpan di balik nama tersebut sehingga orang akan lebih mudah mengenali dan mengingatnya.

4. Hindari penggunaan angka dan tanda sambung

Sebisa mungkin jangan menggunakan angka dan hyphen atau tanda sambung (-) untuk nama domainmu. Penggunaan hyphen bisa membuat nama domainmu menjadi lebih rumit. Bayangkan jika Facebook memiliki hyphen di antara “Face” dan “Book” sehingga menjadi “Face-book”, tidakkah terlihat kurang efektif? Intinya, mengurangi penggunaan angka dan hyphen merupakan tips memilih nama domain yang patut kamu perhatikan.

5. Gunakan nama domain singkat

memilih nama domain

Jika nama domainmu panjang dan sulit diingat, mungkin hanya sedikit pengunjung yang dapat mengingat atau mengenali domainmu. Sebaiknya jumlah huruf yang kamu gunakan tidak lebih dari 17 karakter.

6. Pilih jenis ekstensi yang tepat

Ekstensi domain adalah susunan huruf yang terletak di akhir domain seperti .com, .org, .net, dan sebagainya.

Bukan cuma .com, saat ini sudah ada banyak generic Top-Level Domains (gTLD) seperti .photography, .guru, atau .id yang mungkin dapat membantumu mendapatkan nama domain yang pendek dan relevan dengan lebih mudah.

Baca Juga: Mengenal Ekstensi Domain, Macam, dan Kegunaannya

7. Sesuaikan ekstensi dengan target area

Jika target pengunjung website-mu adalah orang Indonesia, berarti kamu perlu mempertimbangkan ekstensi domain yang hendak kamu gunakan. Tak hanya .com, mungkin kamu bisa menggunakan ekstensi .co.id atau .id jika ingin mengkhususkan target pembaca bagi orang Indonesia.

8. Gunakan kata kunci industri dalam domain

Jika domainmu digunakan untuk website bisnis, gunakan keyword yang berhubungan dengan bisnis dan pelayanan yang kamu tawarkan. Misalnya, jika kamu memiliki bisnis laundry pakaian, masukkan kata “laundry” di nama domain. Menggunakan keyword pada domain juga dapat membantu SEO website agar muncul di halaman pertama hasil pencarian. Setelah itu, traffic website-mu juga akan meningkat.

9. Pikirkan potensi/risiko jangka panjang

Kamu memang disarankan untuk menggunakan keyword pada domain, namun sebaiknya, pertimbangkan kembali nama apa yang akan kamu gunakan.

Selain itu, kamu sebaiknya mencari nama domain yang bisa bertahan lama karena jika kamu mengganti nama domain lagi di masa depan, maka reputasimu di SERP seperti Google akan dimulai dari nol lagi.

10. Lakukan riset nama domain

Ketika memilih nama domain, pastikan bahwa nama domainmu belum pernah digunakan oleh pihak lain. Kalau pun pernah dipakai, pastikan reputasi yang dimiliki domain tersebut tidak buruk. Kamu bisa mengecek sejarah domainmu di Wayback Machine. Tak perlu repot mencari website untuk mengecek ketersediaan nama domain, karena melalui halaman domain di Dewaweb, kamu bisa cek nama domain secara otomatis.

11. Gunakan aged domain

Aged domain bisa diartikan sebagai domain yang usianya sudah tua. Jadi, nama domain ini sudah pernah didaftarkan dan dipakai oleh registrant (pengguna) sebelumnya.

Kamu bisa membeli aged domain ini untuk digunakan karena nama-namanya cenderung unik dan bagus. Selain itu, domainnya sudah memiliki authority, lho!

Baca Juga: Empat Langkah Mudah Mencari Expired Domain Berkualitas

12. Gunakan identitas yang sama di media sosial

Agar dapat membangun kredibilitas branding, baik untuk bisnis, organisasi, maupun personal, pastikan nama domainmu mirip dengan nama akun di media sosial. Selain meningkatkan kredibilitas, identitas online-mu juga bisa semakin dikenal.

Baca Juga: 7 Contoh Nama Domain Bisnis dan Tips untuk Menentukannya

13. Lindungi reputasi website dan domain

Demi menjaga reputasi nama website-mu, kamu bisa membeli domain dengan beberapa ekstensi berbeda atau biasanya disebut dengan parked domain.

Tujuannya, agar oknum tak bertanggung jawab tidak membeli domainmu dan mengisinya dengan konten tidak pantas.

Sudah Dapat Inspirasi Nama Domain yang Bagus?

Itu dia contoh nama domain yang unik dan bagus serta 12+  tips memilih nama domain yang bisa kamu pertimbangkan ketika hendak memilih nama domain untuk websitemu.

Intinya, pastikan kamu memilih nama domain yang mudah (diucap, diketik, diingat) dan tentunya merepresentasikan tujuan atau apa isi dari websitemu.

Jika kamu sudah menentukan nama domain, jangan lupa untuk mengecek ketersediaannya di sini. Tips selanjutnya yaitu pastikan kamu membeli domain murah dari penyedia domain yang terpercaya. Setelah itu, kamu bisa langsung memilih jenis hosting apa yang akan kamu gunakan.

Tenang saja, kamu tidak perlu membeli hosting dan domain di tempat yang berbeda-beda karena kamu bisa mendapatkan keduanya sekaligus! Dengan beli hosting di Dewaweb, kamu akan mendapatkan bonus gratis domain, lho!

Semoga artikel ini membantumu, ya. Kamu juga bisa membaca kumpulan artikel informatif lainnya di blog Dewaweb. Salam sukses!